Press "Enter" to skip to content

Press Release Pharmacopeia 2017

Admin 0

Seminar nasional dan lomba kefarmasian merupakan rangkaian dari acara PHARMACOPEIA 2017  yang merupakan agenda rutin berskala nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi dan BEM Kemafar Universitas Padjadjaran. Seminar nasional pada tahun ini mengangkat tema “Membangun Kemandirian Tenaga Kefarmasian Melalui Kewirausahaan di Bidang Kesehatan”. Selain Seminar nasional, ada berbagai lomba yang diadakan dalam acara ini diantaranya: Lomba Debat Nasional Kefarmasian yang diikuti oleh 8 tim, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) diikuti oleh 8 tim, Lomba Cerdas Cermat Kefarmasian (LCCF) diikuti oleh 42 tim, dan Lomba Compounding and Dispensing (CnD) diikuti oleh 31 peserta. Rangkaian acara PHARMACOPEIA 2017 dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 4 dan 5 November 2017 di Gedung Eyckman Bandung dan Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Jatinangor.

Pada hari pertama telah berlangsung Seminar Nasional Kefarmasian mengangkat tema “Membangun Kemandirian Tenaga Kefarmasian Melalui Kewirausahaan di Bidang Kesehatan” yang diikuti oleh 208 peserta yang terdiri dari mahasiswa D3, S1, S2, mahasiswa profesi apoteker dan praktisi kefarmasian yang bertempat di Gedung Eyckman Bandung. Seminar Nasional Pharmacopeia ini diisi oleh Bapak Dr. Harimat Hendrawan, M.Kes., selaku WHO Member Panel of Temporary Advisor on Global Strategy Plan of Action, Public Health Innovation, Intellectual Property & Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Badan Litbangkes Kemenkes sebagai Keynote Speaker yang menyampaikan materi yaitu “Urgensi Tenaga Kesehatan Dalam Memanfaatkan Peluang Kewirausahaan”

Bapak Dr. Harimat Hendrawan, M.Kes saat sedang menyampaikan materi.

Selain itu, pada acara Pharmacopeia 2017 juga menghadirkan pembicara-pembicara penting dan ahli di bidangnya masing-masing, diantaranya:

  1. Ibu Dra. Hj. Lente Melanie, Apt. selaku Direktur Utama PT Medika Antapani dan Ibu Yena Iskandar, S. Si., Apt. selaku Direktur Utama PT Masoem Generasi Utama (Apotek dan Klinik Al Masoem Group) memberi materi mengenai “Pharmapreneurship Praktek Apoteker: Prospek dan Strategi Apoteker dalam Membangun Tempat Praktek Klinik dan Apotek di Indonesia”.
  2. Bapak Prof. Em. Dr. Sidik, Apt. selaku Pakar Herbal Indonesia dan Pemegang Beberapa Paten Marketable dan Ibu Cahya Khiarani K., S. Si, Apt. selaku Founder Ofiya Cosmetic & Cosmetic Manufacturing Consultant yang menyampaikan materi mengenai “Pharmapreneurship Bahan Alam dan Kosmetik: Potensi Sumber Daya Alam Indonesia dalam Mengembangkan Kosmetika dan Obat Herbal yang Aman dan Betanggung Jawab”.
  3. Ibu Evi Sylvia N., Apt. selaku Matriks Analisis Strategi Bisnis Manager PT Bio Farma dan Bapak Donny Hardiana, S. E., MBA. Selaku Ketua Umum Gabungan Perusahaan Farmasi Jawa Barat memberi materi mengenai “Pharmapreneurship Industri: Peluang dan Tantangan Inovasi dalam Bisnis Industri Farmasi”.

Selain Seminar Nasional, di hari yang sama diadakan pula penyisihan Lomba Debat Nasional Kefarmasian di Ruang Kelas Gedung Eyckman. Pada hari kedua yaitu tanggal 5 November 2017 diselenggarakan berbagai lomba yang berpusat di Kampus Universitas Padjadjaran tepatnya di Fakultas Farmasi dan Bale Sawala. Di antaranya adalah: presentasi Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), semifinal dan final Lomba Debat Nasional Kefarmasian, serta Lomba Compounding and Dispensing (CnD) yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas, dan Lomba Cerdas Cerdas Kefarmasian yang diikuti oleh siswa-siswi SMK Farmasi.

Juara pertama LKTIN dimenangkan oleh tim Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diketuai oleh Nadzifa Nugraheni dengan judul “Nucleic Acid Nanorobot (NUBOT): A smart Theranostic Carrier sebagai Upaya Pengobatan Penyakit Kanker Masa Depan”; juara kedua diraih oleh tim Universitas Padjadjaran (UNPAD) diketuai oleh Doni Dermawan dengan judul “Proherb: Gagasan Pengembangan Bisnis Start Up Obat Tradisional Berbasis Kearifan Lokal Indonesia Untuk Mencapai Ketahanan Obat Nasional”; dan juara 3 dimenangkan oleh tim Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diketuai Carissa Lesley dengan judul “Delibar: Snack Kulit Buah Delima Sebagai Alternatif Pencegah Obesitas Dengan Integrasi QR CODE Untuk Sistem Pendeteksian”.

Pemenang Lomba LKTI dari kanan Tim UGM, Tim UNPAD dan Tim ITB

Adapun Lomba Debat Kefarmasian dimenangkan oleh tim Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan ketua Baiq Risma. Juara 2 dimenangkan oleh tim Universitas Padjadjaran (UNPAD) – yang diketuai Budi Kurniawan dan juara 3 dimenangkan tim Universitas Gajah Mada (UGM) dengan ketua Ris Heskiel Najogi, dengan Best Speaker diraih oleh Ainani Tajriyani dari Universitas Padjadjaran.

Juara 1 Tim UGM (diwakili oleh panitia)
Juara 2 Tim UNPAD
Juara 3 Tim UGM (diwakili oleh panitia)

Pada lomba CnD posisi pertama dimenangkan oleh Syahron Auliya dari Universitas Islam Bandung dengan nilai 82, runner up diraih oleh Iga Citra Aryani dari Universitas Pancasila dengan nilai 81,14 dan juara tiga dimenangkan oleh Maxius Gunawan dari Universitas Indonesia dengan nilai 79.

Juara Lomba CnD dari kanan Syahron Auliya, Iga Citra Aryani (diwakili panitia) dan Maxius Gunawan

Lomba Cerdas Cermat Kefarmasian posisi pertama diraih oleh SMK Farmasi Harapan Massa yang diketuai Talitha Zanuba Rose, posisi kedua diraih oleh SMK Farmasi Muhammadiyah Cirebon yang diketuai Abna Listiana Kurniasari, dan posisi ketiga ditempati oleh SMK Farmasi Indonesia Yogyakarta yang diketuai Maulana Alfi Pradana.

Juara 1 SMK Farmasi Harapan Massa
Juara 2 SMK Farmasi Muhammadiyah Cirebon
Juara 3 SMK Farmasi Indonesia Yogyakarta

Rangkaian acara PHARMACOPEIA 2017 ditutup di hari yang sama yaitu 5 November 2017 di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad dengan penampilan beberapa pengisi acara dan pemutaran video After Movie PHARMACOPEIA 2017.

Panitia Pharmacopeia 2017

Acara ini tidak dapat berjalan dan terselenggara dengan baik tanpa bantuan dari pihak-pihak terkait. Pharmacopeia 2017 didukung oleh PT Indofarma. Disponsori oleh  Teh Poci, Detik Print, Wardah, Kalbe Nutrionals, Kerang Ajaib, DU36 Mini Foodcurt dan Chilli Cheese. Juga kerja sama dari media partner Ruang Event.com, Narema.id, Info Jatinangor, Event Apaja, Jatinangor Banget, www.lomba.or.id, Jabar Pisan, Event Ngampus dan Campus Media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *